Penyebab dari kecemasan-kecemasan yang kalian alami harus kita temukan solusinya. Untuk hal ini kalian harus jujur kepada diri sendiri, artinya kalian tidak bisa berpura-pura atau menutup-nutupi sesuatu yang bikin kalian cemas, betapapun kecilnya penyebabnya itu. Misalnya saja, kalian hidup berdua dalam satu kamar, yang satu tidak bisa tidur yang kalau lampu dimatikan sedangkan yang satu sebaliknya. Jika hal ini tidak dikomunikasikan dan dicarikan solusinya, apalagi saling dipendam, maka bukan mustahil timbul masalah yang menjadi pemicu stress dan akhirnya bukan tidak mungkin saat-saat tidur bukan lagi menjadi saat-saat yang menyenangkan tetapi menjadi saat-saat yang meresahkan. Kenali sumber masalahnya, kamu akan tahu solusinya. Tuangkan segala kecemasanmu, lebih baik lagi dalam tulisan sehingga lebih detail dan tidak ada yang tertinggal. Atau sharing (berbagilah) dengan orang-orang yang terdekat dengan kamu, keluarga, teman yang lebih senior dan sebagainya.Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya, paling tidak meminimalkan kecemasan kita.

Catatan: langkah-langkah di bawah ini bisa dilakukan

1. Lakukan relaksasi: menenangkan pikiran kita dengan cara melakukan rekreasi “pikiran”. Caranya: bayangkan diri kita berada ditempat yang indah yang paling kita sukai, gambarkanlah suasana itu secara detail di dalam pikiran kita, misalnya: hembusan angin yang semilir, air jernih yang mengalir di kaki kita, indahnya warna-warni bunga disekeliling kita dan seterusnya, fokuskan perhatian kita pada satu dari sekian hal yang indah tadi. Lakukan itu berulangkali, sampai merasa diri kita lebih nyaman dan pikiran kita, segar.
2. Menghadirkan dalam pikiran kita segala kemungkinan yang menyebabkan kita cemas dan menghadapinya.
3. Mendiskusikan dengan teman satu grup bagaimana mengatasi permasalahan tersebut atau dengan pembina/teman yang lebih senior yang tahu bagaimana strategi untuk menjalani tes tersebut.
4. Membuat perencanaan yang lebih konkrit untuk hal-hal yang mungkin terjadi.
5. Istirahatlah yang cukup, sebelum tidur lakukan relaksasi dan pernafasan usahakan tidur dalam keadaan pikiran kita tenang, ambil air wudhu berdoa dan berdzikir terutama istighfar dan memohon pertolongan pada Allah untuk dimudahkan segala urusan kita sebelum tidur.
6. Lakukan olah raga ringan setiap pagi minimal jalan-jalan selama 15 s/d 30 menit. Selama melakukan olah-raga ringan tersebut nikmatilah keindahan alam, hiruplah udara segar dan nikmati hal tersebut. Sambil jalan cobalah sambil menghitung kenikmatan yang telah kita terima dan rasakan sampai saat ini. Jika selama olah raga tersebut pikiran kita isi dengan hal-hal yang positif (bersyukur, mengangumi keindahan alam dsb) maka pikiran kita akan lebih fresh dan jernih untuk mengerjakan/melakukan sesuatu.
7. Jagalah kesehatan dan makanlah yang cukup.
8. Bangunlah di akhir malam untuk sholat tahajjud beberapa rakaat, dan berdoalah agar Allah memperlancar urusan kita dan membantu mengatasi kecemasan kita serta memberikan petunjuk-Nya yang terbaik bagi kita. Sadarkan diri kita bahwa tidak ada yang mustahil bagi Allah kalau Dia berkehendak. Dan tidak ada satu kejadian-pun yang di takdirkan pada diri kita yang tidak ada manfaatnya. Banyaklah Istighfar dan bersyukur pada saat-saat seperti itu. Berdoa dan bertawakallah pada Allah, dan yakinkan diri kalian apapun hasilnya dari usaha yang kalian lakukan saat ini adalah hal yang terbaik bagi diri kalian.
9. Siapkan segala sesuatunya dengan baik, alat tulis, kartu tanda pengenal, datang sepuluh menit sebelum jam masuk dan seterusnya.
10. Jangan sibukkan diri kalian dengan sesuatu yang bikin cemas pada detik-detik terakhir kalian ujian. Misalnya dengan belajar, menyiapkan perlengkapan dll. Lebih baik kalian menangkan diri dengan banyak berdoa.